Tuesday, June 7, 2011

Adab Berbicara

 Sopanlah dalam bertindak serta Santunlah dalam Berbicara, keduanya adalah Kunci Bermasyarakat yang baik.

     Seperti yag sudah kita ketahui, "Ucapan adalah Do'a" itulah sabda Nabi Muhammad. dan memang benar kenyataannya seperti itu. maka, akan sangat baik jika kita berbicara atau berucap yang baik-baik saja karena itu sebuah doa. dan akan sangat aneh, jika seseorang berdoa agar dirinya celaka!.
     Sungguh miris rasanya jika perkataan yang keluar dari anak kecil sangat jorok! seperti sekarang ini. mudah-mudahan anak anda tidak. seperti contoh :
 bodoh, tolol, goblok, anjing, babi bahkan tak jarang mereka mengucapkan kata-kata yang berkaitan dengan sex! 
     mau jadi apa anak tersebut, jika ucapannya saja buruk! saya sendiri tak bisa membayangkan...
nah, sebagai orang tua sebaiknya kita mengawasi anak-anak kita dari pengaruh buruk baik itu obat-obatan terlarang, narkoba, sex bebas, tindakan dan perkataan kotor. agar anak kita menjadi generasi yang baik.
     Pernahkah anda sedang marah dengan orang lain (siapapun itu) dan saat itu pula anda berucap. "biar mati orang itu, bla bla bla" dan tidak lama kemudian orang tersebut benar-benar meninggal! dan tentunya anda senang bukan kepalang... coba bayangkan pada saat itu anda berucap " saya mendapat uang 2 milyar! " sudah pasti anda akan kaya mendadak! benar? sayang anda mengucapkan kematian... 
     memang setiap orang tidak tahu, kapan saat doa kita di kabulkan, kecuali orang-orang tertentu saja. siapa orang tertentu ini? ya sudah pasti. orang pilihan (seperti : waliyullah) maka dari itu jika kita hanya mengatakan yang baik-baik saja dan secara kebetulan saat itu doa (ucapan) anda di kabulkan. tentu saja anda mendapat kebaikan. bukan keburukan seperti contoh di atas.


masih tetap. akan berkata buruk? apa kata dunia.....


Salam Kebajikan

No comments:

Post a Comment

Ayo! berkomentar yang baik, santun dan sopan dengan komentar, kritik atau saran yang membangun.

Speak Your Mind!

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Promoted Content

Contact us

Name

Email *

Message *