Tuesday, May 31, 2011

Tentang Sholat


Sholat sangat bagus untuk kesehatan.

Mulai dari wudhu sampai salam, semua kebaikannya HANYA untuk kita sendiri.
Seperti yang kita ketahui; Pelajaran pertama pada pelajaran fiqih adalah bersuci. Maka dari itu sebelum sholat maupun ibadah lainnya sangat di anjurkan berwudhu dahulu. Dan jika berhadast besar, ya mandilah...
 
Mencuci Tangan.

Telah terbuktikan. bahwa tangan kita sangat banyak kuman dan sangat di anjurkan untuk mencuci tangan ketika akan makan. Apalagi kalau akan berwudhu.
Basuhlah tangan termasuk sela-sela kuku. Pastikan tak ada kotoran yang menempel termasuk tinta, coretan pulpen atau sejenisnya, oli dan sebagainya.

Berkumur
Penelitian modern menyatakan satu kali berkumur banyak sekali kotoran dan benih-benih kuman yang terbuang. Namun tidak kalau kita minum :0 apalagi jika sampai tiga kali wuiiiiih..... banyak yang terbersihkan.

Istinsaq atau memasukkan air ke hidung 
Ini sangat bagus untuk memperindah suara, INGAT dihirup airnya bukan hanya dibasuh luarnya saja. Pengalam saya. Waktu pertama kali memasukkan air kehidung sangat sakiiit sekali. Namun, setelah itu ajaib! Suara menjadi lebih bagus!!!. Silahkan buktikan sendiri.

Membasuh Muka/Wajah 
Membasuh disini sekaligus digosok-gosok agar kotoran, minyak dan lainnya rontok! Sehingga wajah bersih dan bersinar!

Membasuh 2 Tangan
Membasuhnya sampai di atas sikut ya... biar lebih afdol. Dan juga digosok-gosok biar bersih.

Membasuh Kulit Kepala 
Bukan membasuh rambut! Yang dibasahi adalah kulit kepala. Jadi, pastikan kulit kepala terasa basah. bisa juga kita hanya membasuh bagian depanya saja atau belakangnya saja ataupun sampingnya saja. Kalau saya lebih mudah samping, karena rambut samping selalu pendek! Dan akan lebih baik kalau semuanya, akan terasa segar!!!

Membersihkan Kuping
Seperti biasa digosok-gosokan biar bersih, termasuk sela-sela yang agak tersembunyi.

Membasuh 2 Kaki
Masih sama, digosok-gosok, kukunya juga dibersihkan, sela-sela jari, juga telapaknya, siapa tahu habis menginjak kotoran cicak, sampai di atas mata kaki ya...

Do'a
Tetap berdoa setelah wudhu, tau kan do'anya. Kalau tidak tinggalkan di komentar (yang tau juga boleh di share di komentar) oh ya, ada riwayat dari hadist:
Berdoa sambil menatap langit lebih afdol.
Nah, selesai wudhu langsung sholat. Ingat! Hindari mengeringkan bekas air wudhunya, karena ada riwayat hadist menyebutkan bahwa: Tetasan dari air bekas wudhu itu menggugurkan dosa-dosa kecil orang kita.

Takbir       
Mengagungkan Allah serta merenggangkan sendi.
Ingat! tangan kiri menutup pusar dan tangan kanan di atasnya. karena ada sebuah pendapat:
Pusar itu pintu masuk-keluarnya Syetan. jadi. kalu pintunya di tutup bagaimana? tahu jawabannya...
Riwayat lain menyebutkan: Tangan kita mendekap dada, karena saat dada tertekan, jantung menjadi lebih berirama dan sehat.

"SEMPURNAKANLAH RUKU DAN SUJUDMU"
Karena sesungguhnya, jika kita bisa menyempurnakan ke-duanya maka, kita akan mengetahui makna sesungguhnaya sholat. Baik cepat ataupun lambat. Kita akan mengerti.
Dan setelah itu kita akan merasa sangat-sangat menyesal dan bersalah, jika saja kita meninggalkan sholat. Dan kitapun akan mendapat siraman ilmu rahasia yang tidak di pelajari sebelumya maupun ilmu yang belum ada di dunia ini sebelumnya (Laduni)

Ruku'
Sempurnakan Ruku'mu. Coba tarik nafas lalau tahan diperut dan ruku'lah dengan tetap tahan nafas sambil membaca bacaan ruku'. Rasakan sensasi otot dan syaraf dari tumit sampai leher tertarik, sehingga ketika bangun dari ruku' terasa enteng!

Sujud 
Sempurkanlah Sujudmu. resapi bacaanya. seakan-akan kita "melihat" Allah. Jika tidak bisa. Cukup kita membayangkan bahwa Allah melihat kita dan mendengar kita.
Bisa di perhatikan mengapa pantat lebih tinggi dari wajah? itu hanya kiasan, bahwa kita ini sebenarnya rendah dihadapan Allah, berbeda dengan iblis dengan kesombongannya.

"Sempurnakanlah Ruku dan Sujudmu"
"Seburuk-buruknya pencuri adalah orang yang mencuri dalam sholat. Dan
Orang yang paling pelit adalah yang tidak mengucapkan salam"
Tahiyat (duduk)
Sebuah pendapat, tahiyat awal itu bisa mencegah serta menanggulangi impotensi. Karena tumit kita menekan pantat dan tahiyat sendiri menceritakan atau istilahnya di terapkan dari;
Pertemuan Allah dengan Nabi Muhammad ketika Isra'-Mi'raj dan disaat itulah terjadi percakapan yang sekarang ini kita baca, bahas di lain artikel tentang ini.  
Baca di Pemahaman Sholat<<<Klik


Salam
Ada pendapat : Salam itu bisa menjawab pertanyaan di kubur nantinya.

Kesimpulan.....
Dengan sholat anda telah menjaga kesehatan. seperti yang mungkin sudah kita ketahui. bahwa gerakan-gerakan dalam sholat itu sama dengan senam ataupun olahraga lainnya.
Pokoknya SHOLAT ITU MENYEHATKAN

Tips agar bisa Khusu'
Coba anda fokus dengan satu tempat. misalkan kita memandangi kubah masjid pada sajadah atau yang lainnya, namun jika itu berta cobalah pejamkan mata dan resapi arti dan makna dari setiap bacaan yang kita baca dan ini trik paling mudah.

Tips agar Rajin Sholat
Hindari beranggapan sholat itu hanya untuk menggugurkan kewajiban saja! Karena itu akan terasa sangat berat dan membuat seolah-olah kita dipaksa. Sehingga membuat kita malas.
Jadi, seperti yang saya sebut di atas. Sholat itu olahraga, maka niatilah sholat untuk bersyukur atas badan dan untuk menjaga kesehatan. Karena Rosululloh-pun ketika di tanya :
"Ya Rosul, engkau sudah di jamin Syurga oleh Allah, mengapa engkau masih melaksanakan Sholat? lalu Rosul menjawab: Apakah aku tidak boleh menjadi hamba yang bersyukur"


Selamat menikmati kesehatan...   

No comments:

Post a Comment

Ayo! berkomentar yang baik, santun dan sopan dengan komentar, kritik atau saran yang membangun.

Speak Your Mind!

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Promoted Content

Contact us

Name

Email *

Message *