Tuesday, March 26, 2013

Mobil Hybrid

Toyota telah memiliki anak perusahaan: yatiu Lexus khusus untuk segmen mobil mewah. Produk unggulan Toyota hybrid adalah Prius Hybrid yang saat ini sudah mencapai Generasi v 5 bersanding dengan Lexus 450 Hybrid yang lebih mewah. Selain itu Toyota juga mengeluarkan Toyota Camry Hybrid
Mobil Hybrid sangatlah cocok untuk konsumen mayarakat Indonesia, terutama orang-orang suka pulang kampung/mudik atau suka jalan-jalan ke puncak. Sehingga tidak merusak alaminya lingkungan kampung...
Indonesia baru ada Prius gen3 sedangkan di luar sudah produksi Prius 5
Harga : (*tidak mengikat, tergantung dealer/showroom dan pilihan warna serta aksesoris)
Toyota Camry Hybrid di bandrol Rp. 635jt
Prius 3 di bandrol Rp. 630 jt dan di situs toyota.com mulai $26 000,
Prius 4 belum ada di indonesia dan di situs toyota.com mulai $29 000,
Prius 5 belum ada di indonesia dan di situs toyota.com mulai $30 000,
Highlander di situs toyota.com mulai $40 000
Lexus RX 450 Hybrid di bandrol Rp. 1.4M sedangkan di situs lexus.com mulai $49 000

Disisi lain Toyota juga memiliki produk Highlander hybrid model SUV yang modelnya hampir sama dengan fortuner dgn kapasitas 7 orang, Prius v5 kapasitas 5 orang, Lexus RX 450h kapsitas premium 4 orang. 

Produsen BMW sempat mengeluarkan generasi Hybrid yaitu BMW Active Hybrid X6 pada 2009 yang sekilas modelnya bisa di bilang gabungan sedan dengan SUV sehingga tampak aneh (jika dilihat dari samping. *menurut saya) namun jika melihat bagian samping dari belakang memang sangat keren di bandrol $ 89 000 di Amerika namun, di tarik kembali dari pasaran pada 2011 (mungkin kurang sempurna).Dan saat ini BMW akan meluncurkan BMW i3 dan i8 Hybrid, juga sebelumnya sudah ada BMW Active Hybrid 5, 6 dan 7 dengan model sedan.
Saya senang sekali bisa menghargai bumi dan bersyukur atas lingkungan yg bersih dengan tidak merusaknya sehingga saya mendukung produk hybrid dan ramah lingkungan.
Prius adalah Sedan Hactback sedangkan Lexus adalah SUV. sayangnya di Prius 5 identitas Hactbacknya hilang. Berikut beberapa fitur prius yang saya suka:
  
Prius plug-in : bisa cas battery di rumah
Prius 4 dan 5 : sudah menggunakan bahan kain kursi SofTex sehingga lebih lembut dan halus
Prius 4 dan 5 : ada solar panel yang bisa mengurangi panas kabin saat parkir di bawah terik matahari
Prius 5          : bisa di lengkapi dengan teknologi sonar di bagian hidung untuk mendeteksi kendaraan di depan yg bisa mengatur kecepatan.

Fakta Toyota Prius dan Hybrid:

  1. Prius menjadi mobil paling hybrid paling laris (terutama di Amerika) sehingga sekarang Toyota memutuskan membangun pabrik di Amerika!
  2. Semua edisi Prius, aman di kendarai saat banjir (setidaknya sampai setengah velg) karena sytem listrik akan mati secara otomatis.
  3. Baik Prius atau Lexus sudah ada kamera parkir (kamera belakang) jadi tak perlu tengok kebelakang saat parkir, cukup melihat layar 7 in di dashboard mobil!
  4. Prius generasi 3, 4, 5  di lengkapi dengan fitur Entune sehingga bisa terhubung ke internet dengan menggunakan wireles dari smartphone juga menyetel musik via Bluetooth.
  5. Di Prius 4 dan 5 di lengkapi fitur JBL GreenEdge untuk mengurangi konsumsi listrik audio yg lebih rendah
  6. Di Prius 5 sudah di lengkapi lampu kabut, velg 17 in dan lampu LED sedangkan generasi sebelumnya hanya Projector-beam halogen dan velg 15 in

PERTANYAAN:

  1. Apakah bisa membeli prius 4 / 5 dari luar negeri walau belum resmi masuk? dan berapa pajak, bea cukai, bea kirim, asuransi kirim ataupun proses izinnya?
  2. Apakah di prius 5 ada solar panel untuk reduksi panas kabin?
  3. Apakah Prius 3, 4, 5, Camry Hybrid, Highlander Hybrid dan Lexus RX 450 Hybrid juga ada fasilitas “plug-in” untuk bisa isi battery dengan listrik rumah?
  4. Apakah Higlander hybrid, Lexus RX450h, Camry hybrid memiliki mesin sehalus Prius yang rasanya seperti naik mobil mogok di dorong (*sangat sunyi)?... atau lebih dari itu?...

PERTANYAAN BESAR:

  1. Apakah Toyota Indonesia sedang menunggu di setujuinya kebijakan pemerintah tentang PPnBm untuk mobil hybrid sehingga toyota menunda pengiriman edisi prius lain setelah edisi 3?
  2. atau memang Toyota benar-benar akan membuat pabrik di Indonesia tahun 2014 sehingga generasi prius setelah gen3 bisa di produksi di Indonesia dan harga bisa di tekan lebih murah?

Perhitungan: kalau bisa/boleh membeli langsung/CBU dari pabrikan/dealer luar negeri (Jepang/Amerika):

*perhitungan ini  adalah pembelian pribadi seperti kita belanja baju, laptop atau beli produk apple dari luar negri. Perhitungan ini di luar biaya dan asuransi pengiriman dan mungkin pungutan lain yg tak terduga (karena sy bukan orang bea cukai)

  1. Prius 4 katakan $35 000 tambah dengan maksimal bea impor PPnBm adalah 40%. kurang lebih hanya keluar = Rp. 490 jt di luar biaya lain dan asuransi pengiriman.
  2. Prius 5 katakan $37 000 tambah dengan maksimal bea impor PPnBm adalah 40%. kurang lebih hanya keluar = Rp. 518 jt di luar biaya lain dan asuransi pengiriman.
  3. Lexus RX 450 Hybrid katakan $50 000 dengan maksimal bea impor PPnBm adalah 40%. kurang lebih hanya keluar = Rp. 700 jt di luar biaya lain dan asuransi pengiriman.
  4. Highlander Hybrid Limited katakan $50 000 (sama-lah dgn Lexus di atas)

Kemungkinan besar, kenapa harga Prius Gen3 dan Lexus RX 450h jadi melonjak tinggi di Indonesia:
Bisa jadi karena biaya perizinan importir dan izin perdagangan di indonesia yang tinggi di samping PPnBm yg tinggi pula.Ya, maksimal kalau PPnBm mobil Hybrid bisa di kurangi atau di hilangkan (mungkin) Karena mendukung lingkungan bersih rasanya bisa lebih murah. Yang saya dengar; pajak untuk Prius gen3 adalah Rp. 220 jt! (itu pajak doang!) belum keuntungan distributor, belum biaya pengangkutan dari pelabuhan, belum lainnya, ckckck...

Kalau Pedagang ambil untung besar (20%, 50% atau 100% atau lebih), ya wajar dong...
mau itu pedagang china atau pengusaha lokal, ya tak masalah
namanya juga dagang... tak usah heran...


No comments:

Post a Comment

Ayo! berkomentar yang baik, santun dan sopan dengan komentar, kritik atau saran yang membangun.

Speak Your Mind!

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Promoted Content

Contact us

Name

Email *

Message *