Friday, September 9, 2011

Tip Merawat Pelek

   Memodifikasi Motor atau Mobil menjadi kebanggaan sendiri bagi sebagian besar anak muda, terlepas dari bagaimana modelnya. banyak juga anak muda yang mengganti pelek motor menjadi lebih kecil agar terkesan keren atau lainnya. namun banyak dari remaja yang tidak bisa merawat peleknya dengan baik sehingga sering ganti-ganti. entah karena sudah bosan atau sudah jelek. Berikut Panduannya :

 1.   Mulailah dengan menyemprotkan air lalu beri sabun, gunakanlah sikat gigi bekas untuk membantu menghilangkan kotoran pada bagian pinggir dan lekukan pelek. kemudian bilas hingga bersih dan keringkan perlahan-lahan dengan kain halus.
 2.   Bersihkanlah bagian dalam pelek, karena bagian ini sering menjadi tempat mengendapnya kotoran, endapan tersebut terjadi akibat sisa proses kerja rangkaian rem yang menempel pada pelek dan bersifat korosif. kotoran ini biasanya lebih sukar di bersihkan karena lebih rentan terhadap serangan logam lain. oleh sebab itu sisi dalam pelek lebih baik di lapisi cat anti karat agar masalah seperti ini dapat di hindari.
 3.   Agar pelek tidak tergores, jangan langsung mengelap secara kasar. bersihkanlah dengan menggunakan air terlebih dahulu baru kemudian lap secara perlahan dan keringkan dengan kain bersih.
 4.   untuk pelek yang memiliki permikaan kromium, gunakanlah chrom polish yang berbentuk gel dengan kemasan menyerupai odol. caranya : oleskan chrom polish secara merata di seluh permukaan pelek kemudian gosok perlahan dengan menggunakan kain khusus micro fiber.
 5.   Jangan lupa untuk melapisi pelek krom anda dengan mengguanakan wax agar pelek anda terhindar dari air dan kotoran sehingga mudah di berihkan.

   Terakhir, ubahlah kebiasaan malas / menunda untuk membersihkan pelek. karena itu segeralah bersihkan pelek setelah "hujan-hujanan" atau setelah melewati genangan air (apalagi air kotor!). kenapa? karena jika tidak segera di bersihkan kotoran tersebut lama-lama akan mengendap. apalagi setelah pelek kotor lalu terjemur matahari, bisa-bisa pelek anda jamuran/karatan dan semakin lama membuat pelek anda jelek dan anda mau tak mau harus melapisi ulang pelek anda atau menggantinya!!!



Selamat Berkreatif...
Salam Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Ayo! berkomentar yang baik, santun dan sopan dengan komentar, kritik atau saran yang membangun.

Speak Your Mind!

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Promoted Content

Contact us

Name

Email *

Message *